LAST UPDATE : 09-03-2017     :  22.00 WIB

 

PENGUMUMAN

NOMOR PENG -   2   /PP/2017

TENTANG

PENERIMAAN MAHASISWA BARU

PROGRAM STUDI DIPLOMA I, DIPLOMA III, DAN DIPLOMA IV

POLITEKNIK KEUANGAN NEGARA STAN TAHUN 2017

Kementerian Keuangan Republik Indonesia akan menerima putra putri Warga Negara Indonesia untuk mengikuti pendidikan pada Politeknik Keuangan Negara STAN dengan pilihan program studi sebagai berikut:

  1. Program Studi Diploma I Kebendaharaan Negara;
  2. Program Studi Diploma I Kepabeanan dan Cukai;
  3. Program Studi Diploma I Pajak;
  4. Program Studi Diploma III Akuntansi;
  5. Program Studi Diploma III Kebendaharaan Negara;
  6. Program Studi Diploma III Kepabeanan dan Cukai;
  7. Program Studi Diploma III Manajemen Aset;
  8. Program Studi Diploma III Pajak;
  9. Program Studi Diploma III Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai; dan
  10. Program Studi Diploma IV Akuntansi.

A. SYARAT-SYARAT PENDAFTARAN

    1. Lulusan (tahun 2016 dan sebelumnya) atau calon lulusan (tahun 2017) semua Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat.
    2. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bagi pendaftar:
      1. Untuk lulusan tahun 2016 dan sebelumnya, memiliki nilai rata-rata ujian tulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00; atau
      2. Untuk calon lulusan tahun 2017, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponenPengetahuan pada 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII)tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 atau 2,80 dengan skala 4,00, dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki nilai rata-rata ujian tulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.
    3. Usia berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam rapor atau ijazah tidak lebih dari 20 tahun pada tanggal 1 September 2017 (lahir tidak lebih awal dari tanggal 1 September 1997).
    4. Berbadan sehat dan bebas dari napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya).
    5. Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
    6. Khusus Program Studi Kepabeanan dan Cukai ditambahkan syaratsebagai berikut:
      1. Jenis kelamin dan tinggi badan:
        1. Program Studi Diploma I:

-   Laki-laki tinggi badan minimal 165 cm;

-   Perempuan tinggi badan minimal 155 cm;

2 . Program Studi Diploma III

-   Berjenis kelamin laki-laki dengan tinggi badan minimal 165 cm;

b. Tidak cacat badan;

c. Tidak buta warna; dan

d. Untuk pengguna kacamata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dan/atau silindris dapat diberikan toleransi maksimal sampai ukuran 2 dioptri.

7. Menyetor biaya pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) sebesar Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) dan biaya yang dikeluarkan akibat transaksi pembayaran tersebut ditanggung oleh pendaftar.

8. Pendaftar tidak sedang menjadi mahasiswa atau tidak pernah dikeluarkan dari pendidikan di Politeknik Keuangan Negara STAN atau Sekolah Tinggi Akuntansi Negara

 

 

B. TATA CARA PENDAFTARAN

    1. Tahapan pendaftaran meliputi:
      1. Registrasi peserta dan pemilihan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK): PKN STAN melalui portal Panselnas;
      2. Pengisian formulir pendaftaran online (e-registration) melalui portal PMB PKN STAN;
      3. Penyetoran biaya pendaftaran; dan
      4. Verifikasi berkas dan pengambilan Bukti Peserta Ujian (BPU).
    2. Registrasi peserta dan pemilihan PKN STAN melalui situs http://www.panselnas.id pada tanggal 9 sd 31 maret 2017.
    3. Pengisian formulir pendaftaran online (e-registration) PMB PKN STAN melalui situs http://www.pmb.pknstan.ac.id pada tanggal 9 sd 31 Maret 2017.
    4. Calon peserta yang telah melakukan pengisian formulir pendaftaran online(e-registration) akan mendapatkan kode MVA (Mandiri Virtual Account).
    5. Calon peserta melakukan pembayaran dengan ketentuan sebagai berikut:
      1. Periode pembayaran adalah 10 Maret sd 1 April 2017;
      2. Pembayaran dilakukan melalui Bank Mandiri, dengan cara setoran tunai, ATM,
        m-banking, atau internet banking(perhatikan tata cara pembayaran pada situs
        http://www.pmb.pknstan.ac.id) dengan menggunakan MVA;
      3. Sebelum melakukan pembayaran, calon peserta harus memastikan dirinya telah memenuhi seluruh persyaratan sebagaimana tercantum dalam butir A, dan uang yang telah disetor tidak dapat diminta kembali dengan alasan apa pun; dan
      4. Calon peserta yang telah melakukan pengisian formulir pendaftaran online
        (e-registration) dan telah melakukan pembayaran di bank pada periode penyetoran, berhak mengikuti verifikasi berkas dan pengambilan BPU.
    6. Pengumuman jadwal verifikasi berkas dan pengambilan BPU bagi calon peserta ujian dapat dilihat melalui situs http://www.kemenkeu.go.id, http://www.bppk.kemenkeu.go.id, dan http://www.pknstan.ac.id pada tanggal 17 Maret 2017
    7. Calon peserta wajib melakukan verifikasi berkas dan pengambilan BPU di lokasi dan jadwal yang telah ditentukan, dengan ketentuan:
      1. Calon peserta datang sendiri/tidak dapat diwakilkan;
      2. Menyerahkan hasil cetak Bukti Pendaftaran Online (BPO);
      3. Menunjukkan ijazah asli (untuk lulusan sebelum tahun 2017) atau rapor asli (untuk calon lulusan tahun 2017);
      4. Menyerahkan bukti pembayaran dari bank;
      5. Menyerahkan pas foto studio berwarna terbaru ukuran 4 x 6 cm (berlatar belakang merah dan mengenakan kemeja putih) sebanyak 3 lembar;
      6. Calon Menunjukkan bukti diri asli berfoto (Rapor/Ijazah/KTP/SIM/Paspor/SKCK) yang masih berlaku;
      7. Calon peserta (calon lulusan tahun 2017) yang menggunakan rapor sebagai bukti diri, wajib membawa rapor lengkap yang terdiri dari data diri berfoto serta nilai-nilai tiap semester; dan
      8. Calon peserta tidak dapat mengajukan perubahan lokasi verifikasi berkas, pengambilan BPU, dan pelaksanaan ujian.

8. Pendaftar yang tidak memenuhi ketentuan butir 1 s.d. 7 di atas tidak akan dilayani dan dianggap gugur.

9. Tempat verifikasi berkas dan pengambilan BPU sesuai dengan pilihan lokasi Ujian Tahap I (TPA dan TBI) sebagai berikut:

 

Lokasi Ujian Tahap I

Alamat Verifikasi Berkas dan Pengambilan BPU

1

Jakarta

Kampus Politeknik Keuangan Negara STAN

2

Banda Aceh

KanwilDitjen Perbendaharaan Provinsi Aceh

Gedung Keuangan Negara (GKN) Gedung D

3

Medan

Balai Diklat Keuangan (BDK) Medan

4

Padang

KanwilDitjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Barat

Jl. Khatib Sulaiman No. 3, Padang

5

Pekanbaru

Balai Diklat Keuangan (BDK) Pekanbaru

6

Batam

KanwilDitjen Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Riau

KPPN Batam (Aula)

Jl. Raja Haji, Sekupang, Batam

7

Jambi

KanwilDitjen Perbendaharaan Provinsi Jambi

8

Bengkulu

KanwilDitjen Perbendaharaan Provinsi Bengkulu

Jl. Adam Malik No. 271 Km. 8, Bengkulu

9

Palembang

Balai Diklat Keuangan (BDK) Palembang

10

Bandar Lampung

Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung

Jl. Pangeran Emir M. Noer No 5A, Bandar Lampung

11

Cimahi

Balai Diklat Keuangan (BDK) Cimahi

12

Semarang

Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Jawa Tengah

Gedung Keuangan Negara (GKN) Semarang I

13

Yogyakarta

Balai Diklat Keuangan (BDK) Yogyakarta

14

Surabaya

KPTIK-BMN Surabaya

Gedung Keuangan Negara (GKN) Surabaya ILt. 1

Jl. Indrapura No. 5, Surabaya

15

Malang

Balai Diklat Keuangan (BDK) Malang

16

Denpasar

Balai Diklat Keuangan (BDK) Denpasar

Gedung Keuangan Negara (GKN) Denpasar I (Aula Barat)

17

Mataram

Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi NTB

Jl. Majapahit No. 10, Mataram

18

Kupang

Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi NTT

Gedung Keuangan Negara (GKN) Lantai 1

Jl. Frans Seda, Walikota Baru, Kupang

19

Pontianak

Balai Diklat Keuangan (BDK) Pontianak

20

Banjarmasin

Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan

Jl. S. ParmanNo. 24 Banjarmasin

21

Balikpapan

Balai Diklat Keuangan (BDK) Balikpapan

22

Manado

Balai Diklat Keuangan (BDK) Manado

23

Palu

Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tengah

Jl. Tanjung Dako No.15, Palu

24

Makassar

Balai Diklat Keuangan (BDK) Makassar

Gedung Keuangan Negara (GKN)

25

Ambon

Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku

Jl. Pitu Ina No 7, Karang Panjang, Ambon

26

Sorong

Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sorong (Aula)

Jl. Jenderal Sudirman No. 26, Sorong

27

Jayapura

Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua

Gedung Keuangan Negara Jayapura (Aula)

Jl. Pasifik Permai Ruko Dok II Jayapura

 

10. Panduan pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada situs http://www.kemenkeu.go.id,http://www.bppk.kemenkeu.go.id, dan http://www.pknstan.ac.id.

 

C. TAHAPAN PELAKSANAAN UJIAN

    1. Ujian terdiri atas:
      1. Tahap I (Tes Potensi Akademik dan Tes Bahasa Inggris) tanggal 23 April 2017 di lokasi sebagai berikut:

 

 Jakarta Bandar Lampung Pontianak
Banda Aceh Cimahi Banjarmasin
Medan Semarang Balikpapan
Padang Yogyakarta Manado
Pekanbaru Surabaya Palu
Batam Malang Makassar
Jambi Denpasar Ambon
Bengkulu Mataram Sorong
Palembang Kupang Jayapura

 

b. Tahap II (Tes Kesehatan dan Kebugaran) tanggal 8 s.d. 13 Mei 2017 di lokasi sebagai berikut:

 Jakarta Cimahi Malang
Medan Semarang  Denpasar
Pekanbaru Yogyakarta Makassar
Palembang Surabaya

 

c. Tahap III (Tes Kompetensi Dasar) tanggal 5 s.d. 9 Juni 2017 di lokasi sebagai berikut:

 

 Jakarta Cimahi Malang
Medan Semarang  Denpasar
Pekanbaru Yogyakarta Makassar
Palembang Surabaya

 

2. Ujian menggunakan sistem gugur pada setiap tahapan ujian.

3. Tahap I (TPA dan TBI) dilaksanakan secara serentak di seluruh lokasi ujian mulai jam 08:00 WIB/09:00 WITA/10:00 WIT.

4. Pada saat ujian peserta wajib membawa:

      1. Bukti Peserta Ujian (BPU) asli;
      2. Identitas diri asli berfoto (Rapor/Ijazah/KTP/SIM/Paspor/SKCK)yang masih berlaku(identitas diri sesuai pada saat verifikasi berkas dan pengambilan BPU); serta
      3. Pensil 2B, penghapus, ballpoint, dan perlengkapan ujian lain yang diperlukan.

5. Peserta ujian yang tidak memenuhi poin 4 di atas serta tidak hadir dan/atau tidak mampu menempuh ujian dengan alasan apapun pada waktu, hari, tanggal, dan tempat yang telah ditentukan dinyatakan gugur.

D. PENGUMUMAN HASIL UJIAN

    1. Hasil ujian akan diumumkan sebagai berikut:
      1. Tahap I (Tes Potensi Akademik dan Tes Bahasa Inggris) tanggal 3Mei 2017;
      2. Tahap II (Tes Kesehatan dan Kebugaran) tanggal 24Mei 2017; dan
      3. Tahap III (Tes Kompetensi Dasar) tanggal 16 Juni 2017.
    2. Pengumuman hasil tes dapat dilihat pada situs http://www.kemenkeu.go.id, http://www.bppk.kemenkeu.go.id, dan http://www.pknstan.ac.id.

E. PENDIDIKAN

    1. Pendidikan untuk Program Studi Diploma I, Diploma III,dan Diploma IV akan dimulai pada tanggal 4 September 2017.
    2. Lama pendidikan untuk Program Studi Diploma I adalah dua semester. Mahasiswa yang tidak memenuhi syarat kelulusan pada tiap akhir semester akan dikeluarkan dari pendidikan.
    3. Lama pendidikan untuk Program Studi Diploma III adalah enam semester. Mahasiswa yang tidak memenuhi syarat kelulusan pada tiap akhir semester akan dikeluarkan dari pendidikan.
    4. Lama pendidikan untuk Program Studi Diploma IV adalah delapan semester. Mahasiswa yang tidak memenuhi syarat kelulusan pada tiap akhir semester akan dikeluarkan dari pendidikan.
    5. Pendidikan Program Studi Diploma I, Diploma III, dan Diploma IVdiselenggarakan di:
      1. Kampus Politeknik Keuangan Negara STAN;
      2. Kampus Purnawarman (Sekretariat BPPK);
      3. Kampus Rawamangun (Pusdiklat Bea Cukai); dan/atau
      4. Kampus Balai Diklat Keuangan di seluruh Indonesia.
    6. Mahasiswa tidak dipungut biaya kuliah selama mengikuti pendidikan.

7. Lulusan Program Studi Diploma I, Diploma III, dan Diploma IVdapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Keuangan atau instansi pemerintah lainnya baik di pusat maupun di daerah sesuai dengan formasi yang tersedia pada tahun yang bersangkutan.

F. LAIN-LAIN

    1. Semua biaya (transaksi bank, transportasi, pemondokan, dan lain-lain) yang dikeluarkan dalam rangka mendaftarkan diri dan mengikuti ujian menjadi tanggungan peserta.
    2. Dalam proses penerimaan mahasiswa ini, tidak diadakan surat-menyurat dan tidak ada dispensasi dalam bentuk apa pun.
    3. Kelulusan peserta adalah prestasi peserta sendiri. Jika ada pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan dengan dengan motif apa pun, maka hal tersebut merupakan tindakan penipuan dan diluar tanggung jawab panitia.
    4. Panitia penerimaan mahasiswa baru berwenang untuk mengalokasikan peserta yang dinyatakan lulus ke program studi dan lokasi pendidikan yang tersedia.
    5. Keputusan panitia penerimaan mahasiswa baru tidak dapat diganggu gugat.
    6. Apabila peserta ujian memberikan keterangan atau data yang tidak benar, dan dikemudian hari diketahui, baik pada setiap tahapan tes/ujian, maupun setelah menjadi mahasiswa, Kementerian Keuangan berhak membatalkan kelulusan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dan/atau mengeluarkan yang bersangkutan dari pendidikan.
    7. Apabila terdapat informasi yang dianggap kurang jelas atau terdapat masalah yang terkait dengan proses pendaftaran, calon peserta dapat menghubungi Panitia Pelaksana Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Politeknik Keuangan Negara STAN melalui e-mail: pmb@pknstan.ac.id.

 

 

Dikeluarkan di Jakarta

Pada tanggal      Maret 2017

KEPALA BADAN

SELAKU KETUA PANITIA PENGARAH,

 

 

ASTERA PRIMANTO BHAKTI

NIP 19680120 199201 1 003

 

 

 

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

.:: DAFTAR PKN STAN ::.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------